RSS
Container Icon

Modifikasi Power Supply CPU


Dapat servisan CPU Buit up-an e-machine tower 533 dengan intel celeron 600 MHz tertanam di dalamnya. Kondisi ketika datang mati total. Cek PSU ternyata mati. Sekedar sedikit tips cara mengetahui Power Supply Unit apakah masih hidup atau tidak bagi yang belum tahu yaitu dengan meberikan jumper pada soket kabel hijau dan hitam pada kondisi beban nol atau tidak ditancapkan ke motherboard. Langkah selanjutnya dicoba ganti PSU cadangan saya ternyata bisa hidup, mulai ada titik terang nih... Tapi ada masalah lain, CPU tidak mau booting windows setelah POST, Di coba booting dengan bootable disc juga tetap tidak bisa.

Setelah sedikit menghela nafas saya lanjutkan dengan mengecek kondisi RAM. biasanya komponen ini yang lebih rentan terjadi kerusakan. Terdapat 2 keping SDRAM 128 MB dan 64 MB.  Coba dengan hanya memasang 1 SDRAM saja yang 128 MB ternyata CPU bisa booting,  SDRAM yang 64 MB kemungkinan rusak dan menjadi penyebab CPU tidak bisa booting.

Masalah selanjutnya yaitu Power Supply yang baru ukuran boxnya besar sehingga tidak bisa dipasang di dalam casing.


Dari pada susah nyari-nyari PSU dengan ukuran box kecil, saya memutuskan untuk memindahkan Board PSU baru ke box PSU lama.


Karena Box PSU yang lama ukuranya kecil, bagian belakang diluruskan seperti terlihat di gambar atas sehingga board yang baru bisa terpasang. Hasil akhir seperti gambar berikut,


Meskipun komputer jadul namun masih bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan seperti mengetik, menonton video serta memutar musik.

Demikian semoga bermanfaat bagi para pembaca semua...sampai jumpa di postingan saya berikutnya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment